ITS Perkuat Kerja Sama dengan Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali memperkuat jalinan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur (Diskominfo Jatim). Kali ini ITS membahas terkait kerjasama pengembangan SDM, permagangan mahasiswa, hingga studi terkait media center Diskominfo Jatim yang sudah beberapa kali mendapat penghargaan nasional.

 

 

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyambut langsung kunjungan dari tim Unit Komunikasi Publik ITS ini bersama beberapa tim publikasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Diskominfo Jatim. Sedangkan Tim ITS yang melakukan kunjungan ke Diskominfo Jatim sejumlah 12 orang yang terdiri dari PPID, dan Humas Protokol ITS Surabaya.

 

 

Sherlita menyampaikan apresiasinya dan berharap kerjasama dan komunikasi ini terus terjalin. “Saya harap komunikasi seperti ini terus terjalin agar kerja sama nanti semakin kuat. Jadi jangan sampai terputus sampai sini saja semoga kedepan kita bisa rutin menjalin komunikasi seperti ini,” tuturnya.

 

 

Kepala Unit Komunikasi Publik ITS Surabaya, Rahmat Syamlakoro, menyampaikan, yang melatarbelakangi ITS melakukan kunjungan ke Diskominfo Jatim adalah karena ingin tahu bagaimana proses bisnis kegiatan publikasi dan layanan informasi Diskominfo Jatim, agar bisa meningkatkan wawasan bagi tim unit komunikasi publik ITS.

 

 

“Awalnya kita sama – sama ikut ajang Anugerah Media Humas atau AMH di Yogyakarta kemarin, di situ kami melihat teman – teman Diskominfo Jatim banyak memenangkan beberapa award. Kemudian ada rencana kalau ada baiknya kita dari ITS belajar ke Diskominfo Jatim ini kira-kira apa yang bisa kita tingkatkan dari yang kita miliki agar bisa lebih baik,” ungkap Rahmat Syamlakoro saat ia dan timnya diterima di ruang komando Diskominfo Jatim, Senin (13/2/2023).

 

 

Rahmat mengatakan, ITS sudah memiliki jalinan kerja sama dengan Diskominfo Jatim sebelumnya, jadi kunjungan ini diharapkan dapat memperkaya dan memperkuat kerja sama tersebut. “Kami memang sudah punya payung kerja sama dengan Kominfo Jatim, dengan kehadiran kami di sini diharapakan juga bisa memperkaya bidang-bidang yang bisa kami kerja samakan dengan Kominfo,” ujarnya.

 

 

Ia juga menjelaskan, detail bidang kerja sama yang semakin diperkuat ialah terkait PPID dan sistem yang diterapkan di website maupun media sosial. “Ada juga program magang dari kami yang berbasis program MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memungkinkan seandainya mahasiswa kami magang di bidang-bidang yang relevan dengan Kominfo Jatim,” jelasnya.

 

 

Dalam surat Perjanjian Kerjasama (PKS) yang sudah ada, lanjutnya, ia akan mendetailkan dengan menambahkan poin-poin kerja sama yang telah dijalin. “Seperti terkait PPID, program mahasiswa magang, sistem informasi satu data, dan hal lain yang mungkin masih bisa dikerja samakan,” terangnya.

 

 

Rahmat berharap, kunjungan ITS ke Diskominfo Jatim ini bisa meningkatkan kualitas untuk komunikasi publik di ITS. “Khususnya di PPID kami, semoga lebih banyak bidang yang bisa dikerja samakan,” tuturnya.

 

 

Menanggapinya, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dalam arahannya menyampaikan bahwa Ia menerima dengan baik kerja sama dalam bidang apapun dengan ITS.

 

 

“Selamat datang di Diskominfo Jatim ini saya menyambut baik jalinan kerja sama yang akan semakin diperkuat nanti dalam bidang apapun dengan ITS. Monggo mungkin kerja sama ini kita bisa lebih kuatkan mulai dari bidang pengembangan SDM, layanan informasi, hingga terkait digitalisasi integrasi data,” tutur Sherlita.(vin/s)

Kembali