Jatim Raih Anugerah Media Center Terbaik Nasional Untuk Ke Enam Kalinya di

Pemerintah Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan terbaik pertama sebagai Media Center Provinsi Kategori Berita Tahun 2023, dalam Anugerah Media Center (AMC) Daerah 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika di Depok Jawa Barat, Selasa (28/2/2023).

 

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong, kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jatim, Sherlita.

 

 

Atas prestasi tersebut, Pemprov Jatim melalui Dinas Kominfo berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan informasi yang berkualitas bagi seluruh masyarakat khususnya Jawa Timur. Sebagaimana diketahui bahwa informasi yang berkualitas akan menjadi penyambung antara pemerintah dan masyarakat.

 

 

"Alhamdulillah penghargaan Media Center Terbaik Kategori Berita kembali diraih oleh Pemprov Jawa Timur. Semoga penghargaan ini memacu Pemprov Jawa Timur untuk terus dan meningkatkan pelayanan informasi bagi masyarakat melalui pemberitaan yang berkualitas," ujar Sherlita.

 

 

Dikatakannya, pemerintah tidak cukup hanya mengirimkan informasi kepada masyarakat, tetapi harus memastikan bahwa informasi tersebut sampai kepada masyarakat.

 

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong, mengatakan, media center daerah atau humas pemerintah berperan sebagai ujung tombak dalam mengomunikasikan program, kinerja dan kebijakan pemerintah secara cepat, tepat, akurat dan relevan. Hal itu, lanjut dia, agar mudah dipahami dan untuk meningkatan partisipasi publik.

 

 

Menurutnya, potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi. "Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel," terangnya.

 

 

Menurutnya, penghargaan ini menunjukkan adanya komitmen bersama membangun komunikasi publik yang lebih baik, yaitu komunikasi publik yang berisi narasi positif maupun berbagai konten yang mencerdaskan, mencerahkan, membangun, bahkan menginspirasi masyarakat berkontribusi untuk diri sendiri, lingkungan bahkan bangsa dan negara.

 

 

Sebagai informasi, penghargaan AMC 2023 merupakan keenam kalinya diraih Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yaitu mulai Tahun 2018 (peringkat 2), 2019 (peringkat 1), 2020 (peringkat 1), 2021 (peringkat 2), 2022 (peringkat 1), dan 2023 (peringkat 1). Adapun para pemenang AMC 2023 telah ditetapkan berdasarkan SK Dirjen IKP yang ditentukan melalui penilaian oleh Tim Redaksi Portal Berita Info Publik dan indonesiakini.go.id, dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas konten informasi serta arah pemberitaan yang telah di tetapkan oleh redaksi periode Januari sampai dengan Desember 2022.

 

 

AMC 2023 mengumumkan sejumlah kategori pemenang, di antaranya Kontribusi Berita Terbaik Media Center Provinsi, Media Center Kabupaten/Kota dan Media Center Kontribusi Foto, Nominasi Foto Terbaik dan Berita Terpopuler.(red)

Kembali